Pasar Pagi, Tempat Favorit Kulakan ATK (Alat Tulis Kantor)

Apakah Anda mempunyai bisnis alat tulis kantor (ATK)? Tidak ada salahnya, suatu waktu Anda berbelanja ke Jalan Pasar Pagi Raya, Glodok, Jakarta Barat. Di Pasar Pagi ada lebih kurang 40 toko yang mennjual aneka ATK. Selain menjual secara eceran, sentra ATK Pasar Pagi yang ada sejak tahun 1990 ini juga melayani penjualan grosir. Omzet pemilik toko ATK Pasar Pagi bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

ATK Pasar Pagi

ATK (Alat Tulis Kantor) adalah perlengkapan yang sangat dibutuhkan demi berlangsungnya operasional kantor. Di tengah tingginya kebutuhan itu, prospek bisnis ATK cukup menjanjikan. Tidak heran, sekarang ini toko ATK sangat mudah sekali kita jumpai di berbagai lokasi.

Pusat Grosir ATK Pasar Pagi

Pusat grosir ATK Jakarta bisa Anda temukan di Jalan Pasar Pagi Raya, Glodok, Jakarta Barat. Dengan menempati Pasar Pagi, grosir ATK memenuhi lantai satu gedung pasar itu.

Selain di Pasar Pagi, grosir alat tulis juga bisa Anda temukan di kompleks ruko yang ada di seberang pasar itu. Sebagai pusat grosir, tentu di sini tersedia semua keperluan ATK, mulai dari yang standar seperti pulpen, kertas, nota dan buku, sampai perlengkapan komputer semisal mouse, tinta printer, flash disk, serta aksesoris komputer lainnya.

Tidak hanya ATK, di pusat ATK Pasar Pagi ini juga Anda juga bisa kulakan keperluan anak sekolah, seperti krayon, pensil warna, buku gambar dan tas sekolah anak. Selain pembeli perorangan, lokasi ini juga banyak disambangi para pedagang ATK untuk kulakan.

Selain pilihannya banyak, sentra ini ramai pengunjung karena harga jualnya yang terkenal murah. Contoh, harga satu rim kertas HVS merek Sinar Dunia ukuran 70 gram dijual Rp 26.000. Padahal, harganya di pasaran Rp 30.000 per rim. Selisih harga yang cukup lumayan besar tentunya. Makanya, banyak pembeli grosir menjadi langganan di sentra ini.

Jika Anda ingin mencoba belanja ATK di Pasar Pagi, untuk menuju kawasan ini tidaklah sulit, hanya berjarak sekitar 500 meter dari pusat elektronik Glodok di Jalan Hayam Wuruk.

Sayangnya, jalan menuju sentra itu sempit dan sering macet. Kemacetan diperparah dengan minimnya lahan parkir. Akibatnya, banyak pengunjung memarkir kendaraan di pinggir jalan depan gedung pasar.

Untuk Kamu Pebisnis Toko Online, Inilah 9 Artis Sainganmu

Siapa bilang yang suka jualan di toko online cuma dari kalangan orang biasa saja, banyak juga artis yang punya toko online dan siap menjadi sainganmu. Walaupun mereka sudah "punya nama" dan jauh lebih mudah untuk menarik konsumen, tapi kamu tidak perlu takut bersaing dengan mereka.



Nah, berikut ini blog grosir kulakan akan kupas daftar toko online artis, mungkin bisa menginspirasi kamu untuk mengikuti jejak mereka dalam berbisnis.

Nama Toko Online Artis Indonesia

Pandji Pragiwaksono
Ranah online tidak merasa asing lagi dengan penyanyi, penulis dan juga komedian Stand-Up Comedy ini karena Pandji memang cukup aktif di Internet. Melalui toko online-nya @WSYDNshop, Pandji menjual berbagai produk, mulai dari buku hingga tiket konser.

Pandji juga bisa menyesuaikan diri dengan dunia maya sehingga lebih membumi dan dekat dengan para netizen, ini adalah salah satu nilai lebih dari Pandji.

Toko online Artis

Fitri Tropica
Fitri Tropica pun tidak kalah dari Pandji, punya karakter jenaka dan bisa menyelami para netizen. Presenter dan penulis inipun menerapkan beragam pemikiran-pemikiran kreatifnya lewat toko online-nya yang menjual berbagai barang-barang unik dan kado ulang tahun.
Toko online milik artis yang lucu ini bisa di akses di Etalage-id.com, beberapa barang unik antara lain adalah jam dinding yang berbentuk wajan, obeng yang berwujud granat dan juga ada mug berbentuk lensa serta banyak lagi.

Barang-barang tersebut kebanyakan di impor dari China, Jepang, Korea dan juga dari Inggris. Fitri Tropica sukses menyesuaikan toko online yang dia kelola dengan karakternya.

Giring Nidji
Kecintaannya pada dunia musik dan dirinya juga berprofesi sebagai musisi yakni vokalis sebuah band mendorong Giring Nidji berjualan online beragam merchandise dari musisi terkenal. Online shop yang dibentuk Giring bernama Kincir.com.


Dewi Rezer
Aktris ini bisa dibilang sukses berbisnis online shop dan tidak hanya stagnan di persentase penjualan saja tetapi juga menaungi 30 artis, ada juga sosialita dan pengusaha. Lewat toko online-nya Bebelian.com, Dewi Rezer menjual berbagai tas branded second-nya yang dia beli dari luar negeri dan tas-tas tersebut original bukan KW!

Afgan Syahreza
Selain piawai bernyanyi,  Afgan juga punya bisnis clothing online yang sudah berjalan sekitar setahun. Dia mengatakan bahwa dia memperoleh hasil cukup besar dari bisnis online shop tersebut.


Usaha yang dia jalankan ini diakui adalah penerapan ilmu saat kuliah dulu. Wah hebat ya, ilmu saat kuliah ternyata bermanfaat ketika Afgan memulai bisnis online shop.

Ghea ‘Idol’
Pentolan Indonesian Idol bernama Ghea Oktarin ini melihat bahwa barang-barang yang dikenakan oleh artis pasti menarik perhatian masyarakat. Jadi, Ghea membuka online shop yang menjual berbagai barang-barang artis seperti baju, aksesoris dan lainnya.


Usahanya tersebut cukup berkembang dan banyak peminat. Tidak hanya sampai di situ, Ghea juga dinobatkan sebagai duta enterpreneur.

Alice Norin
Alice Norin juga mendirikan online shop yang sesuai dengan karakter dirinya yang dikenal dengan penampilan yang elegan dan glamor.


Alice berjualan pakaian dan sepatu lewat situsnya Buy8wood.com yang memiliki koleksi elegan dan glamor, sangat sesuai dengan karakter dirinya.

Bunga Zainal
Sekarang ini Bunga Zainal memang jarang tampil di layar kaca namun ternyata Bunga aktif di ranah online lewat bisnis online shop yang dia miliki.


Berbekal barang-barang yang dia beli langsung dari luar negeri, seperti pakaian, tas dan sepatu, Bunga bersama kakaknya Vicky Zaenal berjualan di Internet.

Asmirandah
Artis yang sering dipanggil dengan nama Andah ini ternyata punya hobi mendesain pakaian dan akhirnya memanfaatkan hobinya tersebut menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.


Andah punya clothing line bernama Manja Cloth dan berjualan lewat social media Twitter dan Facebook sebagai saran menjual berbagai hasil desainnya tersebut.

Jadi, apa yang menarik dari beberapa artis yang berbisnis online shop ini? Mereka tidak hanya sekadar menggunakan “nama mereka” tetapi juga menyesuaikan online shop dengan karakter, passion ataupun hobi mereka.

Hal ini penting untuk memikat para pembeli dan bahkan menjadi pelanggan. Mengapa? Kita bisa menyimpulkan sendiri, mungkin akan tidak sesuai ya kalau apa yang mereka jual sangat jauh berbeda dari karakter masing-masing artis, terlebih di ranah online.

Bisnis Souvenir Pernikahan, Simak Tips Untuk Memulainya

Banyaknya pesta pernikahan dari tahun ke tahun, ini tentu bisa menjadi peluang bisnis untuk kita dalam memulai bisnis souvenir pernikahan. Ya, bisnis yang tergolong sederhana itu memang tidak salah jika dilirik sebagi lahan bisnis yang menjanjikan.

Selain itu, kita juga tidak dituntut untuk memiliki keterampilan khusus dalam menjalan bisnis jualan souvenir pernikahan ini. Karena jika kita tidak bisa membuat souvenir yang menarik, kita bisa mendapatkannya di berbagai pasar pusat grosir souvenir pernikahan.

Anda dapat membeli secara grosir barang-barang yang akan digunakan dalam bisnis souvenir perkawinan untuk kemudian dikemas dengan cantik dan menarik supaya memberi kesan yang indah pada penerimanya.

Ya, untuk memulai bisnis souvenir pernikahan, kita dapat mulai dengan melakukan dulu survei kecil-kecilan ke beberapa pasar, pilih dan pilah yang berbeda dari biasanya. Setelah itu, cari selisih harga yang bisa memberikan keuntungan untuk kita tentunya.

Selain itu, survei juga bisa dilakukan di beberapa industri kecil yang khusus memproduksi souvenir pernikahan. Tetapi sayangnya souvenir pernikahan tidak tersebar di beberapa daerah, sehingga akan sulit untuk menemukannya. Cara simple nya ya dengan mendatangi pedagang souvenir di pasar-pasar penyedia souvenir.

Souvenir Pernikahan Yang Paling Laris

Gunting Kuku
Usaha Souvenir Pernikahan

Tempat Tisu
Bisnis Souvenir Pernikahan

Magnet Kulkas
Magnet kulkas souvenir-pernikahan

Kipas
Kipas souvenir-pernikahan


Cara Promosi & Pemasaran Bisnis Souvenir Pernikahan

Sementara itu, cara promosi yang bisa dilakukan dan biasanya terbukti efektif dalam menjual souvenir pernikahan adalah melakukan kerjasama dengan usaha lain yang ada kaitannya dengan pernikahan.

Seperti studio photo yang biasa menangani acara pernikahan, kerjasama dengan salon-salon kecantikan dan rias pengantin dan juga dengan katering yang biasa menangani konsumsi dalam acara pernikahan. Atau Anda bisa kerjasama dengan wedding organizer.

Tetapi, jika Anda ingin memulai bisnis souvenir pernikahan kecil-kecilan, Anda sebetulnya bisa membuat sendiri souvenir pernikahan yang unik, personal, ekonomis dan berkesan dengan sederhana tanpa memerlukan waktu pembuatan yang lama.

Nah, Di bawah ini terdapat beberapa ide jenis souvenir pernikahan yang dapat Anda buat sendiri karena proses pengerjaan yang mudah dan tidak memakan waktu.

Seperti permen cokelat warna-warni, gantungan kunci dan handuk aneka bentuk. Dimana kesemua itu dapat dibuat dengan hanya mendatangi pabriknya saja. Anda hanya butuh kreasi dalam mengemasnya semenarik mungkin. Selamat mencoba.

Pasar Induk Kramat Jati, Tempat Kulakan Rempah & Bumbu Masakan Siap Pakai

Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur tidak hanya menjual berbagai jenis buah-buahan dan sayuran. Pasar grosir agro ini juga menjual berbagai rempah- rempah, yang beberapa jenis di antaranya sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional. Inilah tempat kulakan rempah-rempah di Jakarta.

Seperti halnya sayuran, rempah-rempah yang dijual di pasar Induk Kramat Jati biasanya tersedia dalam jumlah banyak. Satu lapak seluas 4 x 6 meter persegi, misalnya, dipenuhi jahe yang sekal dan segar.

Pasar Induk Kramat Jati

Produk rempah-rempah yang dijual umumnya sudah dalam keadaan bersih. Rempah-rempah ini tidak hanya dijual dalam partai besar. Pengunjung bisa juga membelinya secara eceran, asalkan tidak beli satuan seperti belanja di warung. Rempah-rempah segar itu di datangkan langsung dari sejumlah daerah.

Tak hanya menyediakan rempah kering dari Indonesia, tetapi juga dari beberapa negara di Asia. Contohnya, gardamunggu sejenis kapulaga dari India dan kayumanis dari Tiongkok. Tapi jenis rempah-rempah dari dalam negeri tetap mendominasi pasar ini, seperti pala, kapulaga, cengkeh, dan jintan.

Salah satu produk yang laris di Pasar Induk Kramat Jati yaitu jahe. Di sini ada dua jenis jahe, yaitu jahe gajah yang berukuran besar dan biasanya digunakan untuk memasak. Dan jahe emprit atau jahe ukuran kecil seruas-ruas jari yang berasa lebih pedas dan biasanya digunakan untuk jamu.

Tidak semua produk ready stock, ada juga produk yang harus dipesan dahulu. Contohnya kunir putih, yang biasanya digunakan sebagai obat kanker, mengingat produk ini sangat langka.

Anda juga bisa menemukan beberapa jenis rempah kering yang sulit ditemukan di pasar tradisional umumnya, seperti kayu masohi dan bunga pala. Kayu masohi merupakan salah satu jenis rempah yang digunakan sebagai penguat rasa masakan gulai dan kari. Aroma dari kayu masohi ini pun persis aroma gulai.

Di Pasar Induk Kramat Jati, tidak semua rempah-rempah dijual dalam keadaan segar, Anda juga bisa mendapatkan dalam bentuk kering atau s juga yang dihaluskan jadi bubuk. Sangat cocok untuk Anda yang menjual produk herbal.

Atau Anda ingin berjualan bumbu siap pakai, bumbu kering racikan untuk berbagai macam menu, seperti soto, opor, semur, dan kari bisa di dapatkan disini. Bumbu racikan itu dijual dalam kantong- kantong ukuran kecil, cukup untuk memasak satu porsi. Bumbu ini dijual Rp 6.000 untuk satu macam menu, yang terdiri atas 20 kantong.

Di Pasar Induk Kramat Jati dapat ditemukan pula pedagang yang menyediakan bumbu giling basah, seperti bawang putih, jahe, cabai merah. Harganya Rp 4.000-Rp 10.000 per kilogram. Bumbu giling dipasok dari industri rumah tangga di Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati.

Alamat Pasar Induk Kramat Jati : Jl. Raya Bogor KM. 20, Kel. Kramat Jati, Kampung Tengah, Jakarta Timur. Buka 24 jam.

Aturan Baru, Kirim Barang Harus Sertakan NPWP, Ada Pajak 1 %

Bea Cukai menerapkan untuk setiap pengiriman barang, masyarakat wajib menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) mulai awal bulan ini. Penyerataan NPWP ini, berdasarkan permintaan dari Kantor Pajak.

“Aturan orang pajak yang kami laksanakan. Atas permintaan orang itu (perpajakan,red),” kata Kabid BLKI Bea Cukai Batam Raden Evy Suhartantio, Rabu (16/8).


Kenapa BC yang terapkan? Alasan Bea Cukai menerapkan peraturan ini, kata Evy karena pihaknya yang berwenang untuk meminta dokumen tersebut. “Hanya kami yang punya akses hingga ke sana,” tuturnya.

Kepala KPP Pratama Batam Selatan, Gunung Herminto Siswantoro mengatakan bahwa setiap pengiriman barang keluar Batam, apapun bentuknya akan dikenakan pajak pertambahan nilai sebesar 1 persen.

“Hitunganya gini, PPN jasa pengiriman paket sama dengan 10% kali nilai yang ditagih atau sama dengan satu persen kali nilai barang yang dikeluarkan,” tuturnya.

Ia mengatakan ada aturan dan landasan hukum, atas penerapan hal tersebut. Dia menjelaskan tak hanya online shop saja yang dikenakan pajak 1 persen, tapi setiap pengiriman barang keluar dari Batam.

“Apapun itu, kena pajak 1 persen. Bisa tanpa harus lampirkan NPWP,” tuturnya.

Petugas BC yang tak ingin namanya disebutkan, mengatakan dalam waktu dekat akan ada sosialisasi terkait hal ini. “Nanti ada, tapi belum tahu waktunya,” tuturnya.

Sementara itu General Manager Operasional Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan pihaknya akan mengirimkan barang, bila sudah memenuhi berbagai persyaratan seperti dokumen dari bea cukai, membayar administrasi sesuai rute.

“Paling penting, bukan barang terlarang,” tuturnya.

Salah seorang pengusaha online shop, yang namanya tak ingin disebutkan mengatakan bahwa pada bulan ini saja dirinya pengiriman tersendat.

“Itu akibat adanya aturan melampirkan NPWP itu,” ucapnya.

Tapi beberapa hari belakangan ini, katanya sudah tak lagi ada penerapan seperti itu. Tapi, katanya ada salah satu jasa pengiriman yang masih meminta NPWP saat mengirim barang.

“Saya gak pakai yang itu, ada dua jasa pengiriman gak meminta NPWP,” ujarnya. (sumber batampos)

Merintis Bisnis Toko Bangunan yang Menguntungkan

Usaha toko bangunan kini semakin hidup dan terus berjalan. Hidup itu pun terus berjalan. Kebutuhan dan biaya hidup pun semakin tinggi. Mencari nafkah dan mengais rezeki di muka bumi pun seolah menjadi ajang kompetisi.

Sedang susah mencari pekerjaan atau bingung memikirkan bisnis yang pas untuk masa depan selepas jadi karyawan? Mengapa tidak mencoba berbisnis bahan bangunan atau usaha toko bangunan?

Merintis Bisnis Toko Bangunan yang Menguntungkan

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Membuka toko bangunan tak ubahnya merintis bisnis toko sembako atau kios pakaian. Bedanya, perputaran kebutuhan orang akan sembako lebih cepat daripada kebutuhan orang akan bahan bangunan.

Tapi, bukan berarti membuka bisnis toko bangunan tidak memberikan penghasilan. Sasaran pemasaran dan konsumen toko bangunan sebenarnya cukup luas, dari rumah tangga biasa hingga developer daerah kompleks perumahan yang sedang giat melakukan pembangunan atau para kontraktor yang sedang mengadakan proyek pembangunan, baik itu gedung perbelanjaan, sekolah, jalan tol atau proyek lainnya.

Selain pembangunan rumah, gedung, perkantoran, pergudangan, dan berbagai jenis bangunan, manusia pasti selalu membutuhkan bahan bangunan untuk perbaikan rumah yang ditempatinya. Semen, pasir, dan kapur diperlukan untuk menutup dinding berlubang.

Keramik retak yang perlu diperbaharui, genteng pecah yang harus diganti, dan kayu kusen yang perlu direnovasi, adalah sumber penghasilan bagi para pengusaha toko bangunan.

Tak hanya itu, toko bangunan juga menyediakan kran air, pipa paralon, engsel, dan kunci sehingga tidak perlu khawatir barang yang dijual di toko sepi pembeli.

Hanya saja layaknya usaha perdagangan lain, bisnis toko bangunan juga perlu mempertimbangkan aspek tertentu, tip, dan trik, agar mampu bertahan dalam kerasnya persaingan dunia bisnis.

Merintis Usaha Toko Bangunan

Berikut adalah hal-hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam merintis bisnis toko bahan bangunan.

1. Lokasi yang Strategis
Jika para pelajar punya motto "lokasi menentukan prestasi dalam ujian", begitu pula halnya dengan dunia usaha dan jasa. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli produk atau memanfaatkan jasa suatu biro jasa adalah lokasi yang mudah diakses.

Lokasi strategis bukan hanya ditinjau dari letaknya yang mudah dikunjungi, namun juga kenyamanan pelanggan untuk parkir kendaraan.

Toko di tepi jalan raya dengan lahan parkirnya terbatas atau membuat pelanggan berjalan kaki agak jauh karena lokasi parkir yang ditentukan pasti mengurangi kenyamanan mereka. Selain itu, perlu ditinjau pula kondisi lingkungan di sekitar toko bangunan.

Pemukiman padat penduduk dan kawasan perumahan yang sedang dibangun adalah lokasi yang sangat menentukan bagi tingkat prosentase terjualnya barang dagangan dan masa depan toko bahan bangunan.

2. Promosi
Seperti halnya menjual produk baru kepada konsumen, pemanfaatan jasa iklan sangat diperlukan dalam hal membuka usaha, memperkenalkan lokasi toko, dan unit dagang wajib hukumnya.

Jika biaya memasang iklan atau mengadakan acara open house dengan menyebar undangan menghadiri jamuan makan di acara pembukaan toko dianggap terlalu tinggi, menyebarkan brosur disertai promo barang-barang “beli 2 gratis satu” sudah cukup untuk menarik minat pembeli.

Selain itu, merchandise berupa kaos, jam, mug, gantungan kunci, dan kalender sebagai hadiah langsung dengan sejumlah pembelian tertentu juga membantu promosi secara tidak langsung. Dalam perkembangannya, bisa diadakan hadiah undian dari kupon belanja yang diberikan sesuai syarat dan ketentuan.

Hal ini tidak hanya menarik minat konsumen untuk memutuskan berbelanja di toko yang sama, tetapi juga membantu promosi dari mulut ke mulut.

3. Melakukan Survei Pasar
Jika dunia politik mengenal jajak pendapat untuk mengetahui kriteria calon presiden atau anggota legislatif pilihan masyarakat, begitu pula halnya dengan jalannya bisnis. Calon pebisnis toko bahan bangunan harus mampu mengetahui produk apa yang sedang diperlukan penduduk di sekitar toko.

Misalnya daerah pemukiman padat penduduk dengan usia hunian di atas dua puluh tahun pasti banyak membutuhkan kusen pintu dan jendela, daun pintu hingga kayu penopang atap (kini banyak dijual galvalum sebagai pengganti kayu) yang sudah saatnya diganti sedangkan daerah perumahan yang sedang giat melakukan pembangunan, kebutuhan akan pasir, semen, kapur, keramik pasti lebih tinggi dibanding daerah perumahan biasanya.

Musim atau momen istimewa juga memengaruhi daya beli konsumen. Musim penghujan misalnya membuat penduduk mulai memeriksa keadaan genting rumah dan talang air. Toko bangunan harus tanggap untuk menyediakan produk-produk ini tepat pada waktunya.

Menjelang lebaran, sebagian besar orang berpikir untuk mempercantik rumah, mengganti cat dinding atau kayu kusen, tentu permintaan cat dan kuas akan melonjak dibandingkan hari biasa.

4. Pelayanan dan After Sales Service
Betapa pun besar potongan harga yang diberikan atau seberapa gencar promosi yang dilakukan, semua itu kurang berarti di mata konsumen jika pelayanan yang diberikan kurang memuaskan.

Pembeli akan merasa dihargai jika selama terjadi transaksi mereka dilayani dengan ramah, dan diperhatikan apa yang menjadi keinginan atau kebutuhan mereka. Jadikan konsumen sebagai raja karena kepuasan merekalah kunci keberhasilan toko bangunan sang pengusaha.

Tetapkan jam buka dan jam tutup toko agar selalu tepat waktu setiap harinya sehingga tidak membuat pelanggan merasa kecewa. Ketepatan janji saat mengirimkan bahan yang dipesan oleh pelanggan juga harus diperhatikan.

Tentang after sales service, tak ada ruginya juga jika toko bangunan memerhatikan after sales service dan memiliki database pelanggan. Mengirimkan ucapan selamat ulang tahun dengan penawaran kupon diskon bagi pelanggan setia akan membuat sang pelanggan merasa istimewa dan loyalitasnya tentu terjaga.

Selain itu, pelanggan yang puas atas pelayanan yang diberikan, tanpa disadari membantu menjadi sarana promosi tersendiri melalui cerita dari mulut ke mulut.

5. Menyediakan Beragam Kualitas dan Kuantitas
Pembeli merasa senang jika mengunjungi toko bahan bangunan yang lengkap sehingga mereka bisa memilih produk sesuai dengan kemampuan beli dan kebutuhan. Pastikan untuk selalu jujur kepada pelanggan.

Ada kalanya toko bahan bangunan kurang jujur dalam memberikan informasi kualitas produk yang dijualnya. Jika produk yang dijualnya adalah produk KW 2 (kualitas nomor dua), harganya tentu lebih rendah dibandingkan produk KW 1 atau kualitas utama.

Pembeli juga sering mempertimbangkan merek tertentu dalam menentukan pilihan. Selain itu, produk-produk tertentu juga sebaiknya tersedia dalam berbagai ukuran, misalnya pipa paralon, talang air berdasarkan diameternya, besar kecilnya keran air, dan jenis paku yang dijual. Semakin komplit ukuran yang tersedia, akan memudahkan pelanggan menemukan produk sesuai kebutuhan.

6. Tempat Penyimpanan
Pastikan tempat menyimpan produk yang hendak dijual memenuhi persyaratan. Hal ini ada kaitannya dengan kualitas bahan. Tempat yang lembab akan menyebabkan paku mudah berkarat dan lantai basah mungkin bisa membuat semen menjadi beku sehingga tidak laku dijual.

7. Perputaran Modal
Hambatan utama pebisnis adalah modal. Jika modal kerja sangat terbatas, pebisnis tidak perlu memaksakan diri menjual produk dengan perjanjian pembayaran jatuh tempo. Lebih baik menggunakan motto "ada uang ada barang" daripada kebingungan memutar modal.

Kecuali jika supplier toko bahan bangunan juga menetapkan pembayaran jatuh tempo, toko bahan bangunan dapat menawarkan hal yang sama kepada konsumen setingkat developer perumahan atau kontraktor proyek pembangunan.

Hal paling akhir namun bukan berarti tidak penting, pebisnis toko bahan bangunan juga sebaiknya menguasai bidang yang dijadikannya sebagai mata pencaharian.

Tidak hanya belajar tentang manajemen bisnis, mempelajari kondisi bahan yang dijual dan mendapatkan informasi di mana menemukan supplier bahan bermutu (misalnya pasir, batu kali terbaik dapat ditemukan di daerah tertentu) tentu membantu mengembangkan usaha toko bangunan.

Banjir Untung dengan Usaha Dagang Batik

Tren pakaian batik ini merupakan peluang emas bagi yang berjiwa enterpreneur. Jiwa membuka usaha sendiri dengan kemampuan, keterampilan serta modal yang dimiliki. Merencanakan untuk membuka usaha pakaian batik menjadi pilihan menarik jika peluang tersebut terbuka lebar.

Ternyata pada faktanya, peluang untuk membuka usaha pakaian batik berada pada posisi paling atas saat ini. Anda bisa membuka usaha dagang batik murah di rumah sebagai usaha selingan. Namun demikian, usaha itu pun dapat dikembangkan sebagai usaha utama.


Usaha dagang batik diyakini berpotensi mendatangkan laba banyak seperti halnya usaha di bidang lainnya. Laba tersebut tergantung ada sesuatu yaitu jika Anda lihai mengincar konsumen sebagai target pasar. Alasannya tentu saja konsumen sebagai pihak yang menentukan perjalanan pemasaran pakaian batik Anda.

Banyak produsen batik menawarkan harga grosir yang cukup murah bila Anda ingin menjualnya kembali dengan harga dengan perencanaan keuntungan. Mencari informasinya dapat dilakukan dari berbagai media maupun sumber. Misalnya saja informasi dari saudara, penjual yang telah banyak pengalaman di bidang penjualan batik, serta sumber lainnya.

Baca juga : Bisnis Jual Daster Batik Kencana Ungu yang Menggiurkan

Banyak sentra produsen batik yang terkenal di Indonesia. Misalnya, Pekalongan dengan corak batik pesisir, Pasar Klewer dan Laweyan Solo yang merupakan sentra produksi batik Solo yang menawan, dan Pasar Bringharjo, Yogyakarta. Anda tentunya akan mudah mendapatkan harga murah sesuai perencanaan yang telah dibuat.

Harga murah dalam usaha berdagang suatu produk termasuk salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik konsumen. Selain itu, model, corak, warna dan hal lainnya juga tetap diperhatikan dengan baik. Peluang berkembang dan terus berjalannya usaha berdagang batik Anda pun akan terbentuk secara maksimal.

Tips Bisnis Membuka Usaha Dagang Batik

Sesuai uraian sebelumnya tadi, batik kini telah menjadi kecintaan banyak orang sekaligus pendorong bagi sebagian besar masyarakat untuk membuka bisnis pakaian batik. Tentunya wajar jika ada pertanyaan sebagai berikut, Anda tertarik membuka usaha dagang batik?

Biasanya jawaban pada masing-masing orang beragam. Namun melihat perkembangan kehidupan perekonomian saat ini, sebagian besar masyarakat bahkan mungkin termasuk Anda salah satunya menjawab tertarik dengan usaha itu. Setiap usaha membutuhkan perencanaan yang baik sebelum berjalan sebagaimana mestinya.

Wajar saja jika tips dalam membuka suatu usaha diperlukan untuk memudahkan pemiliknya. Berikut ini tips sederhana untuk mengembangkan bisnis usaha berdagang batik, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Segmen Pasar
Membidik target pasar adalah strategi pertama sebelum usaha itu di buka. Jika target pasar tepat, maka dapat dipastikan produk akan cepat terserap oleh konsumen. Untuk usaha berdagang batik, sebaiknya target pasar Anda adalah segmen konsumen menengah ke bawah. Itu dijalankan jika harga yang Anda tentukan berada pada kisaran pasar barang dagangan Anda.

Hal itu menunjukkan bahwa segmen pasar juga berkaitan dengan harga. Pinsipnya yaitu harus menyesuaikan harga dagangan dengan daya beli konsumen. Konsumen sebagai pihak yang sedikit banyak menentukan besarnya keuntungan usaha.

2. Membangun Citra
Membangun citra usaha berdagang juga merupakan aksi yang sangat penting. Tujuannya untuk meraih simpati pasar yang mengarah pada bagaimana citra usaha berdagang itu dibangun dan dijalankan secara maksimal.

Adapun cara untuk membangun citra usaha yaitu dengan jalan menawarkan berbagai benefit dari produk yang dijual. Misalnya saja dapat berupa pemberian ataupun pemasangan harga diskon bagi pelanggan lama maupun baru dengan perbedaan yang jelas jika terjadi perbedaan di dalam pemberiannya.

3. Mengikuti Perkembangan Mode
Usaha berdagang batik merupakan bisnis fesyen atau mode. Usaha tersebut yang notabene selalu berubah setiap saat. Walaupun core bisnis dalam hal batik memiliki sifat dinamis dan selalu berubah-ubah, tapi seorang pedagang jangan sampai melakukan menjual batik telah ataupun sudah out of date.

Silakan memastikan selalu upaya men-display model-model terbaru. Alasan utamanya tentu saja agar tidak kehilangan pelanggan, baik lama maupun baru. Karenanya perkembangan mode termasuk penentu kesuksesan usaha batik juga.

4. Memasang Iklan di Internet
Mengiklankan suatu barang dagangan dapat dilakukan melalui beragam media. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi di segala bidang perekonomian khususnya. Adapun fungsi memasang iklan adalah untuk menambah pelanggan dan memperluas cakupan pasar usaha dagang batik.

Tren sekarang, pelaku usaha berdagang cenderung memasang iklan pada media internet. Hal tersebut terbukti efesien dalam biaya maupun menarik daya beli konsumen. Misalnya, memasarkan via facebook, twitter, dan sebagainya.

Tipe Konsumen Toko Online Yang Wajib Anda Tahu & Cara Melayaninya

Bisnis toko online saat ini sudah berkembang dengan pesat, karena dukungan dari jaringan internet yang sudah menjangkau pelosok. Berbagai produk di pasarkan dengan cara online, mulai dari kosmetik, baju, aksesoris sampai makanan.

Jaringan internet yang memadai dan didukung oleh modal yang relatif kecil membuat banyak orang tertarik untuk merintis bisnis toko online. Hal inilah yang menyebabkan persaingan antar online shop menjadi semakin ketat.


Sebagai pemilik toko online, ada beberapa hal sepele yang harus Anda perhatikan untuk menunjang kesuksesan online shop yang Anda kelola, yaitu memahami tipe-tipe konsumen toko online Anda. Banyak yang mencoba jualan online tapi pada bulan-bulan pertama sudah “down” karena tidak mengenal karakter calon pelanggannya.

Mengetahui lebih dalam tipe konsumen di dunia online dapat memberikan kesempatan untuk memetakan strategi bisnis seperti apa yang dapat Anda diterapkan. Dengan begitu, Anda dapat dengan sigap melayani keinginan pelanggan yang mempunyai karakter berbeda-beda.

Agar Anda bisa lebih mengenal tipe konsumen toko online, ada baiknya Anda membaca ulasan mengenai beberapa tipe konsumen toko online dibawah ini :

Tipe Konsumen Toko Online

1. Tipe Konsumen The Seeker
Konsumen online shop tipe ini biasanya mempunyai tujuan dan karakter yang berbeda-beda saat mengunjungi toko online. Kebanyakan konsumen tipe the seeker, mengunjungi toko online Anda untuk mencari produk-produk yang mereka butuhkan.

Biasanya konsumen tipe ini melakukan survey ke beberapa toko online untuk mencari mana toko online yang menjual dengan harga paling murah serta kualitas terbaik. Jika mereka sudah cocok dengan suatu produk, maka kemungkinan besar transaksi pembelian akan berhasil.

Untuk mendapatkan perhatian dan loyalitas dari tipe konsumen the seeker, yang perlu Anda lakukan ialah mengupayakan agar toko online Anda berada di urutan teratas daftar mesin pencarian (search engine).

Dengan begitu maka toko online Anda akan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Jangan lupa untuk menetapkan harga produk secara kompetitif karena konsumen tipe the seeker biasanya sudah mengetahui kisaran harga rata-rata dari produk yang ingin dia beli.

2. Tipe Konsumen The Research
Hampir sama dengan tipe konsumen the seeker, tipe the research biasanya juga sudah melakukan perbandingan harga dan kualitas produk antara toko online yang satu dengan toko online yang lain.

Bedanya, tipe konsumen the research biasanya belum paham betul tentang spesifikasi produk yang sedang mereka cari. Tugas Anda sebagai seorang pemilik online shop adalah menjelaskan secara detail dan sabar tentang produk yang Anda jual. Karena tipe komsumen the researcher punya prinsip, mencari tahu di toko online akan memberikan pengalaman dan pengetahuan baru.

Trik yang harus Anda perhatikan dalam merebut hati konsumen tipe the researcher yaitu memberikan pengetahuan baru secara detail tentang produk yang mereka inginkan.

Jangan sekali-sekali terkesan menggurui konsumen dan sok tahu, karena hal ini bisa membuat konsumen jengkel dan mengurungkan niat untuk berbelanja. Pengelompokan produk berdasarkan kategori sejenis juga akan membantu the researcher untuk mengenali dan memahami spesifikasi produk.

Baca Juga : Tips Olshop | Cara Memberikan Free Ongkir

3. Tipe Konsumen The Discount Lover
Konsumen tipe ini biasanya sangat senang sekali berburu diskon di toko online. Mereka akan berlomba-lomba untuk mencari toko online yang sedang menawarkan diskon besar-besaran.

Strategi yang dapat Anda terapkan untuk mempertahankan konsumen tipe discount lover adalah dengan memberikan penawaran diskon dan promosi yang menarik. Misalnya promo “buy one get one” atau promo gratis ongkos kirim setiap pembelian dengan minimum order tertentu.

Secara kasat mata, tipe konsumen online yang satu ini adalah yang paling mudah ditarik perhatiannya. Namun sebenarnya, konsumen tipe ini justru tidak terlalu memberikan keuntungan yang relative besar dalam jangka waktu pendek, berbeda dengan tipe the seeker yang memang sedang mencari barang.

Namun keuntungan dari The Discount Lover lebih kepada jangka panjang agar usaha kita terus terlihat hidup. Karena biasanya tipe yang satu ini paling “berisik” saat berbelanja online.

Baca juga : Online Shop Anda Sepi ? Gunakan 5 Solusi Rahasia Ini

4. Tipe Konsumen The Window Shopper
Konsumen bertipe window shopper biasanya hanya sekedar iseng melihat-lihat toko online Anda tanpa tujuan untuk membeli suatu produk. Bisa juga mereka hanya sekedar mengisi waktu luang ketika sedang berselancar di internet.

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian window shopper adalah dengan membuat tampilan halaman utama online shop Anda semenarik mungkin.

Pemilihan warna-warna yang seru dan eye catching harus diperhatikan agar tidak meninggalkan kesan norak dan “rame”. Hal ini akan membuat orang tertarik berkunjung kembali ke toko online Anda.

Walaupun tak banyak dari mereka yang akhirnya melakukan transaksi pembelian, setidaknya pengunjung toko online yang bertambah akan membuat toko online Anda semakin populer.

Demikian uraian singkat mengenai tipe-tipe konsumen toko online. Walaupun “pembeli adalah raja” terdengar sebagai ungkapan yang klise dan ketinggalan zaman, namun ungkapan tersebut tetap harus dipraktekkan dalam berbisnis, baik bisnis real maupun bisnis online.